SELAMAT DATANG DI :

SELAMAT DATANG DI :

"IKLAN ADSENSE MENGAPA TIDAK TAMPIL?"

           

            Seringkali kita merasa jenuh, jengkel dan emosi juga apabila iklan Google Adsense tidak kunjung tampil, padahal kita telah menerapkan kode iklan dengan benar atau tidak melanggar syarat dan ketentuan Google Adsense. Lalu, mengapa iklan Google Adsense tidak muncul di blog atau website kita?

            Nah, pada kesempatan yang berbahagia inilah, penulis akan menjelaskan mengapa iklan Google Adsense tidak tampil dan bagaimana caranya agar iklan Google Adsense segera tampil.

            Merupakan sebuah kehormatan dan kebahagiaan terbesar bagi para Blogger jika akun Google Adsense yang dimilikinya akhirnya telah diterima sepenuhnya. Namun, tidak sedikit para penulis blog yang menandaskan harapan karena sulitnya akun Google Adsense diterima sepenuhnya.

            Jika anda telah memasang kode iklan Google Adsense di blog anda, namun setelah anda pasang kode iklan tersebut, ternyata iklan tersebut tidak muncul juga, anda tidak perlu khawatir apalagi galau. Bisa jadi akun Google Adsense anda sedang dalam tahap review ke-2. Karena pada dasarnya tahap review yang dilakukan oleh Google Adsense ada dua tahap. Tahap pertama jika anda disetujui, adalah muncul balasan email Gmail dari Tim Google yang berjudul Google Billing dengan isi pesan yang berbunyi : Kontak pembayaran Google Adsense anda telah diubah dan selanjutnya akan ada pesan tanpa isi yang memberi instruksi kepada anda untuk memasang kode unit iklan pertama.

            Ada beberapa faktor yang menyebabkan iklan Google Adsense tidak muncul di blog kita, Berikut adalah faktor-faktor yang bisasanya membuat iklan Google Adsense anda tidak kunjung muncul :

1.      DOMAIN DIBLOKIR OLEH GOOGLE ADSENSE

 

            Apakah anda merasa iklan yang anda pasang telah diblokir oleh Google Adsense?  Jika ia, anda harus butuh kesabaran yang lebih ekstra. Biasanya jika domain Google Adsense anda diblokir disebabkan oleh anda sendiri yang mengunggah kiriman untuk blog yang mengandung hak cipta pihak tertentu, seperti menampilkan lirik lagu dan menurut pengalaman beberapa blogger yang saya jumpai, ternyata diakibatkan memang pernah mengalami hal ini yang mana salah satu domainnya terkena pelumpuhan iklan atau diistilahkan sebagai pemblokiran iklan karena di blognya sendiri berisi lirik lagu Band Indonesia.

            Namun, hal yang dialaminya, masih dikatakan lumayan beruntung, sebab hanya domainnya saja yang terkena pemblokiran iklan dari pihak Tim Google Adsense bukan akun Google Adsensenya yang diblokir. Jika ternyata akun Google Adsensenya yang diblokir tentu saja masalahnya akan semakin panjang dan rumit, bahkan sampai harus membuat blog baru lagi, kemudian mengajukan pendaftaran periklanan dari Google Adsense. Ini membutuhkan waktu yang tidak cukup singkat, namun prosesnya lagi yang panjang sepertinya anda akan jenuh juga sebab anda akan mengulang pendaftaran dan pengajuan permohonan periklanan Google Adsense. Ingat, jika anda tidak ingin mengulang kesempatan, lebih baik anda tetap menaati rambu-rambu Google Adsense yakni dengan cara mengklik bagian syarat dan ketentuan, privasi dan kebijakan Google Adsense sebelum anda mendaftar Google Adsense.

 

            Lalu, pertanyaannya bagaimanakah solusi agar domain tidak lagi diblokir oleh pihak Tim Google Adsense? Penyebabnya jika hal ini, maka cara efektif untuk mengatasi Iklan Google Adsense  yang tidak muncul adalah dengan mengganti domain anda dan jangan lupa anda harus menghapus kiriman  yang dianggap melanggar ketentuan, kebijakan, persyaratan, dan privasi Google Adsense. Anda bisa melihat syarat dan ketentuan Google Adsense di akun blog anda yakni di bagian klik label penghasilan jika anda telah masuk ke menu dashboard atau menu utama akun Google Adsense anda, selanjutnya pilih tulisan biru yang terbaca Pelajari Selengkapnya. Ingat, tulisan ini bisa anda klik jika anda belum pernah mendaftar Google Adsense atau jika anda sudah mendaftar dan mengirim permohonan, tetapi pada akhirnya mendapat email penolakan dari Tim Google Adsense.

 

2.      MELANGGAR KEBIJAKAN PERIKLANAN GOOGLE ADSENSE

 

            Jika anda merasa bukan pemblokiran iklan yang menyebabkan iklan di Google Adsense anda tidak kunjung tampil, maka kemungkinan yang kedua inilah barangkali penyebabnya. Menurut beberapa pengalaman yang saya temui, yang menyebabkan iklan Google Adsense tidak muncul adalah karena tidak lain melanggar kebijakan periklanan Google Adsense. Ditegaskan sekali lagi, sebaiknya sebelum anda bergabung menjadi mitra Google Adsense, alangkah baiknya anda memahami kebijakan Google Adsense.

 

            Berikut ini saya sertakan kebijakan periklanan Google Adsense. Hanya dua macam bahasa yang saya sertakan yakni bahasa Inggris dan Indonesia. Klik disini untuk membaca kebijakan Google Adsense versi bahasa Inggris dan klik disini untuk versi bahasa Indonesia.

 

            Jika anda penulis blog sejati, jangan anggap kebijakan Google Adsense adalah hal yang sepele karena tidak menutup kemungkinan hal yang tidak diinginkan akan terjadi kepada anda yakni akun Google Adsense dari blog anda akan diblokir oleh pihak Google. Meskipun yang terjadi sekarang ini, kita terkadang menganggap blog yang kita miliki tidak melanggar kebijakan Google Adsense sekalipun, namun bisa saja saat ini, besok atau nanti blog atau akun Google Adsense anda terkena pemblokiran oleh Tim Google Adsense. Maka berdoalah kepada Allah Yang Maha Esa agar blog atau akun Google Adsense kita tidak diblokir karena sesungguhnya hanya Allah yang pada hakikatnya mengetahui apakah iklan Google Adsense kita terkena pemblokiran atau sebaliknya. Selain berdoa, anda juga perlu berusaha untuk memahami ketentuan, persyaratan, kebijakan, dan privasi Google Adsense yakni dengan cara membacanya secara seksama dan bila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan di forum komentar di bawah kiriman ini.

 

3.      IKLAN MASIH HANGAT DIBUAT

 

            Benarkah hal ini bisa dijadikan indikasi iklan tidak kunjung tampil di blog milik kita? Ya, bisa saja. Iklan yang masih hangat atau baru beberapa hari dibuat sebenarnya bisa dijadikan alasan mengapa iklan Google Adsense anda tidak muncul di blog.

 

            Anda disarankan untuk jangan resah, cemas, gelisah apalagi galau hanya karena hal semacam ini, karena pada dasarnya iklan Google Adsense yang masih hangat kita buat pasti akan menampilkan iklan kosong pada halaman blog kita yang sudah kita terapkan kode iklan melalui widget atau kode HTML karena  iklan Google Adsense yang kita buat akan menyesuaikan iklan untuk tampil serta menyesuaikan terhadap apa yang akan muncul di blog kita berdasarkan tema Blog kita. Anda biasanya akan menunggu iklan akan muncul di blog kita kurang lebih selama 5 menit sampai 15 menit.

 

4.      JENIS AKUN HOSTED GOOGLE ADSENSE

 

            Mayoritas pemula blog bertanya-tanya, mengapa iklan di blog tidak kunjung tampil? Cobalah di cek  jenis akun Google Adsense yang anda miliki. Sebab jenis akun Google Adsense ada dua, yakni yang Hosted dan Non Hosted. Apa perbedaan dari akun Google Adsense Hosted dan Non Hosted? Anda bisa baca ulasan artikel saya ini : Perbedaan Akun Google Adsense Hosted dan Non Hosted.

 

            Terkadang blogger mempunyai blog Hosted dan memasang iklan di blog atau TLD nya dan iklannya tidak muncul, pastilah tidak akan muncul karena jenis akun Google Adsense yang dia miliki adalah akun Hosted.

 

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat.

 

            “Artikel ini ditulis dengan mencantumkan referensi sumbernya atau berdasarkan pengamatan pengarang. Artikel ini masih jauh dari kesempurnaan seperti peribahasa Tak Ada Gading Yang Tak Retak. Mohon sertakan like atau Share atau Kritik dan Saran (Komentar) yang sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas karya di masa yang akan datang. Terima kasih atas kunjungannya di blog sederhana ini."

 

Yogyakarta, 19 November 2015

Penulis,

 

A.Dirham

NIM : 154 900 25

 

 

 

0 Response to ""IKLAN ADSENSE MENGAPA TIDAK TAMPIL?""

Post a Comment