SELAMAT DATANG DI :

SELAMAT DATANG DI :

"SERIBU MANFAAT DARI CANGKANG TELUR"

“SERIBU MANFAAT DARI CANGKANG TELUR”

            Apakah manfaat cangkang telur? Apakah anda sudah mengetahui manfaatnya atau belum? Nah, disini saya akan menjelaskan kepada anda segudang manfaat dari cangkang telur. Telur, ya siapa yang tidak kenal dengan telur yang merupakan menu makanan harian anda yang nikmat disantap karena sifatnya yang mudah dimasak cukup instan. Menurut dari Citizen 6 Jakarta, Selain isinya enak di makan bila disajikan dengan cara direbus, digoreng atau dibumbui cabai setan, ternyata cangkang telur pun sangat bermanfaat bagi manusia. Daripada anda penasaran, yuk simak ulasan berikut ini manfaat cangkang telur.

1.      Manfaat cangkang telur dapat mengurangi tingkat keasaman pada kopi.

            Anda perlu memanfaatkan cangkang telur dengan menumbuk cangkang telur hingga halus terlebih dahulu, lalu campurkan pada bubuk kopi. Menurut penelitian sains, cangkang telur mempunyai kandungan kalsium karbonat yang sangat tinggi. Kalsium karbonat inilah yang ampuh mengurangi tingkat keasaman pada kopi sehingga kopi akan lebih nikmat dan nyaman di lambung karena tidak akan bikin kembung.     

2.      Manfaat cangkang telur dapat mengobati iritasi kulit.

            Tahukah anda tentang manfaat telur yang satu ini? Cara untuk mengobati iritasi kulit dengan cara menambahkan cuka apel. Nah, mengapa perlu menambahkan cuka apel karena fungsi cuka apel ya untuk melarutkan cangkang telur. Biarkan senyawa cuka apel tersebut bekerja. Diamkan selama 2-3 hari. Setelah itu tempelkan larutan cuka apel dan cangkang telur pada kulit yang mengalami iritasi. Insya Allah dengan menerapkan metode ini, iritasi kulit anda akan berangsur-angsur sembuh.

3.      Manfaat cangkang telur dapat dijadikan kompos tambahan.

            Ternyata menurut penelitian ilmiah menjelaskan bahwa cangkang telur juga baik bagi kesuburan tanaman dan tanah. Untuk membuktikan penelitian ilmiah ini cobalah remukkan cangkang telur. Lalu, gunakan pecahan-pecahan itu sebagai pupuk kompos tambahan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, taburkan pula sedikit bubuk kopi.

4.      Manfaat cangkang telur dapat dijadikan sebagai pot

            Bentuk telur yang mayoritas oval atau agak lonjong, tentu tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan sebagai pot untuk menumbuhkan bibit tanaman. Nah, setelah bibit tanaman yang anda tanam tersebut telah tumbuh, misalnya berbentuk tunas, maka langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit tanaman tersebut ke tempat yang lebih luas, misalnya tanam di pot tanaman yang memiliki diameter yang cukup luas. Namun anda dapat langsung menanamnya di tanah pekarangan rumah anda. Alangkah baiknya menanamnya tetap di dalam pot yang terbuat dari plastik.

5.      Manfaat cangkang telur dapat dijadikan sebagai barang seni kerajinan tangan yang bernilai tinggi

            Tidak pernah terlintas di benak kita bahwa cangkang telur rupanya mampu dijadikan sebagai bahan dasar dalam dekorasi tambahan pembuatan vas yang terbuat dari tanah liat. Caranya cukup mudah, pecahkan dulu telur sampai kecil-kecil, tetapi jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar. Nah, serpihan cangkang telur ini rekatkan pada benda yang terbuat dari tanah liat. Gunakan lem sebagai perekat. Selesai, tunggu sampai beberapa jam sampai benar-benar merekat dengan sempurna.

            Selain menempelnya pada vas yang terbuat dari tanah liat, anda juga bisa memanfaatkan cangkang telur untuk menambah hiasan gantungan dengan cara merekatkan pada benang. Hal ini tidak boleh dilakukan sembarangan, sebab cangkang telur masih bau amis. Maka rendamlah dengan air bersih dicampur dengan pewangi sedikit saja atau menambahkan sedikit pemutih.

6.      Manfaat cangkang telur mampu membersihkan peralatan rumah tangga

             Sama halnya dengan manfaat cangkang telur untur mengurangi tingkat kepahitan pada kopi, yaitu dengan cara menumbuknya. Nah, setelah menumbuknya dengan halus, lalu campurkan pada air sabun, lalu gosokkan pada peralatan dapur yang digunakan anda sehari-hari. Misalnya untuk membersihkan wajan, teko, nampan, panci, dandang dan sebagainya.

7.      Manfaat cangkang telur untuk mengusir siput dan ulat dari tanaman

            Cangkang telur mengandung kalsium karbonat sehingga akan mampu mengusir hama berupa siput dan ulat yang sering membuat tanaman menjadi berpenyakitan. Caranya cukup mudah, yakni taburilah tanaman dengan pecahan telur. Dengan begitu, ulat dan siput tidak akan berani menjamah tanaman kesayangan anda.

            Demikian sedikit tips sederhana yang dapat saya tulis mengenai manfaat dari cangkang telur. Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari cangkang telur. Nah, untuk itulah anda harus mencobanya dengan melakukan eksperimen sendiri, tidak ada salahnya kan?

            Semoga bermanfaat ya.

         

          Artikel ini ditulis dengan mencantumkan referensi sumbernya. Mohon sertakan like atau Share atau Kritik dan Saran (Komentar) yang sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas karya di masa yang akan datang. Terima kasih atas kunjungannya di blog sederhana ini.

 

                                                                                    Yogyakarta, 15 November 2015

 

                                                                                                A.Dirham

 

0 Response to ""SERIBU MANFAAT DARI CANGKANG TELUR""

Post a Comment