SELAMAT DATANG DI :

SELAMAT DATANG DI :

“MASALAH UMUM IKLAN GOOGLE ADSENSE”

“MASALAH UMUM IKLAN GOOGLE ADSENSE”

          Sebenarnya ada apakah gerangan yang membuat Google Adsense seolah-olah malas menampilkan iklan Adsense kita? Padahal kita merasa tidak ada yang salah dan khilaf dalam membuat iklan yang sesuai dengan kebijakan Google Adsense. Namun, alangkah lamanya respon Google Adsense untuk merespon iklan yang sudah kita terapkan baik di Widget maupun di HTML sebuah blog. Tak sabar kita untuk menanti jawaban dari Google Adsense yang membuat iklan Google Adsense tidak kunjung muncul.

          Berlama-lama sudah kita menanti, tetapi iklan tidak kunjung muncul. Sebelumnya saya  juga sudah menulis artikel tentang : Iklan Adsense Mengapa Tidak Tampil? Itupun menurut saya masih banyak dari para blogger pemula yang masih bertanya-tanya mengapa hal semacam ini bisa terjadi. Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan para blogger tentang alasan umum yang membuat Google Adsense malas menampilkan iklan Adsense kita, maka dengan senang hati saya akan menjelaskan kepada anda, hal-hal yang umum berkaitan dengan iklan Google Adsense yang tidak kunjung tampil di blog atau website anda. Semoga bisa menjadi panduan bagi anda.

          Alasan-alasan paling umum yang menyebabkan iklan Google Adsense anda tidak tampil adalah sebagai berikut ini :

 

1.       AKUN GOOGLE ADSENSE ANDA SEBELUMNYA TELAH DITOLAK

 

          Apakah benar, ini penyebabnya? Pasti anda bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi pada akun Google Adsense anda. Jika akun anda merasa telah ditolak oleh Tim Google Adsense, meskipun iklan yang sudah anda terapkan dengan benar, jelas iklan tidak akan dapat tampil di blog anda. Periksalah, mungkin ada yang salah. Namun, jika pada awalnya permohonan Google Adsense anda tidak disetujui oleh pihak Google Adsense, maka layanan dari pihak Google Adsense telah diperintahkan untuk tidak menayangkan iklan Google dan fungsi Adsense untuk penelusuran pada situs manapun yang terkait dengan akun anda. Saat Tim Google Adsense memperbarui layanan tentang perubahan status akun, kemunculan iklan Google dapat tertunda hingga 86.400 detik atau sekitar 48 jam, sementara itu fungsi Adsese untuk penelusuran dapat tertunda hingga 1 minggu.

 

 

2.       KODE ADSENSE ANDA BELUM DITERAPKAN SECARA BENAR

 

          Benarkah ini yang menjadi penyebab iklan Google Adsense yang tidak anda sadari? Jika ya, maka untuk dapat verifikasi bahwa kode iklan Google Adsense anda telah diterapkan dengan benar, langkah awal yang harus anda lakukan yakni anda harus membuka situs anda di browser dan lihat kode sumber. Nah, lalu apakah yang akan saya lakukan selanjutnya?

         

          Pastikan kode Adsense anda sesuai antara dari kode sumber dan akun Google Adsense anda. Maka, bandingkan kode iklan Google Adsense anda di sumber halaman dengan kode dari akun Google Adsense anda. Coba anda lihat kode Adsense pada HTML anda. Lalu, sesuai atau belum sesuai iklan Google Adsense anda bersama nomor penerbit.

 

          Iklan Google Adsense anda kemungkinan tidak akan muncul jika anda menemukan salah satu masalah berikut ini :

a.       Kode Iklan Google Adsense  yang telah diterapkan belum lengkap.

b.       Seluruh kode ditampilkan dalam satu baris.

c.       Kode berisi tag HTML tambahan di dalamnya.

d.       Tidak tercentangnya tombol aksi di dalam menu iklan saya.

 

          Disebabkan setiap masing-masing editor berlainan dalam hal pemrosesan kode tersebut, pihak Google Adsense tidak dapat menyediakan petunjuk yang lebih spesifik atau yang lebih detail untuk memecahkan permasalahan tersebut. Namun, untuk lebih meyakinkan kembali anda bisa menghapusnya dan juga menambahkan kembali kode iklan Google Adsense tersebut sesuai prosedur dan harus tunduk pada kebijakan yang diberikan Google Adsense kepada calon mitra iklannya.

 

 

3.       MASALAH BROWSER DAN MASALAH IKLAN DIBLOKIR

 

          Seberapa pengaruh masalah ini pada iklan Google Adsense anda? Ya, ini masalah yang cukup serius dan perlu mendapatkan perhatian khusus. Jika mungkin hal ini termasuk atau berpengaruh terhadap cookie dan cache browser anda. Apabila anda tidak tahu apa itu chookie itu apa. Carilah di pencarian Google Penelusuran, Apa itu Chookie dan Cache.

 

          Jadi untuk lebih dapat dimengerti, anda harus mengenal apa itu Chookie dan Cache, setelah anda mengerti tentang kedua hal tersebut, sebaiknya anda harus mengosongkan cache browser dan menghapus cookie sebelum mencoba mengakses status anda lagi.

 

 

4.       JAVASCRIPT TIDAK DIAKTIFKAN DI BROWSER ANDA

 

          Jika ini kendala anda yang sesungguhnya, anda harus lebih fokus untuk memecahkan masalah ini. Sebelumnya, pastikan anda telah mengaktifkan setelah JavaScript di browser anda, karena hal ini dibutuhkan untuk melihat iklan dan kode iklan tersebut benar-benar dibuat dalam JavaScript. Namun anda tidak akan dapat menampilkan iklan, harap periksa kembali kalau ada JavaScript yang bertentangan dengan situs yang dapat menghalangi ditampilkannya sebuah iklan.

 

          Ingat hal ini sebelum anda menerapkan sebuah kode iklan yang akan anda tempatkan, baik di dalam sebuah bentuk HTML atau Widget. Jika Widget adalah otomatis akan dibuat oleh Google Adsense. Caranya adalah dengan masuk ke dalam blog anda, pilih menu penghasilan. Dengan mengklik tab menu penghasilan di blog anda maka akan muncul bacaan Google Adsense yang disamping kanannya akan ada tulisan putar atau geser iklan Google Adsense ada bilah menu naik turun. Pilih iklan yang akan ditampilkan di blog anda sesuai selera, misalnya dalam menu tersebut ada pilihan untuk menempatkan iklan Google Adsense di bagian samping halaman kiriman blog anda atau bagian bawah kiriman blog anda atau pilih kedua-duanya jika anda menginginkannya.

 

          Sedangkan jika anda menginginkan iklan Google Adsense berada di atas, tengah atau bawah kiriman blog anda, lakukan cara yang tepat dengan menerapkan kode iklan Google Adsense dengan tepat pula. Parse kode terlebih dahulu sebelum dipasang. Masuk pada akun blogger anda, lalu pada tab menu template, klik Edit HTML dan carilah kode (data:post.body/) dengan menggunakan CTRL+F tepat pada isi dari HTML blog anda dan nantinya akan ada (data:post.body/) yang kemungkinan ada dua atau lebih. Cobalah tempatkan di bagian pertama atau bagian kedua dan bisa juga di bagian ketiga jika iklan tidak muncul setelah ditempatkan kodenya di bagian pertama dan kedua (data:post.body/)

 

5.       IKLAN ANDA BELUM DITANDAI DENGAN BENAR

 

          Perhatikan secara benar sebelum anda menandai iklan. Kendatipun anda bisa untuk memilih tempat meletakkan iklan di suatu halaman Anda, pastikan untuk tidak menyematkan kode iklan di tag div yang berlebihan, namun hal ini tergantung pula pada setelan browser, menerapkan kode iklan dengan cara ini dapat menghalangi ditampilkannya iklan dengan benar. Langkah ini perlu diperhatikan dengan benar dan tepat agar iklan tampil secara beraturan dan rapi.

 

 

6.       MENDAFTAR MELALUI MITRA HOST ADSENSE

                   Jika ya, mungkin sebuah pendaftaran melalui mitra host Adsense sangat memudahkan        anda untuk mendapatkan akun adsense, seperti saya khususnya. Namun, tahukah anda bahwasannya anda tidak dapat menampilkan iklan di situs atau blog anda, sebelum anda mengajukan pendaftaran domain tersebut dalam dashboard adsense anda.

 

7.       ANDA LUPA MEMASUKKAN PIN

 

          PIN sangat penting untuk diisi kemudian diajukan kepada Google Adsense. Jika anda lupa memasukkan PIN dan belum juga memasukkan PIN hingga batas akhir waktunya, iklan Google Adsense mungkin tidak ditampilkan lagi. Maka untuk itulah, mengaktifkan iklan bertarget, anda harus lekas memasukkan PIN anda supaya iklan anda segera tampil.

 

          Demikian yang dapat saya sampaikan melalui tulisan ini. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan panduan bagi anda untuk memecahkan masalah umum iklan yang tidak kunjung berkibar.

 

“Artikel ini ditulis dengan mencantumkan referensi sumbernya atau berdasarkan pengamatan pengarang. Artikel ini masih jauh dari kesempurnaan seperti peribahasa Tak Ada Gading Yang Tak Retak. Mohon sertakan like atau Share atau Kritik dan Saran (Komentar) yang sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas karya di masa yang akan datang. Terima kasih atas kunjungannya di blog sederhana ini."

 

Yogyakarta, 20 November 2015

Penulis,

 

A.Dirham

NIM : 154 900 25

 

0 Response to "“MASALAH UMUM IKLAN GOOGLE ADSENSE”"

Post a Comment