SELAMAT DATANG DI :

SELAMAT DATANG DI :

CARA PRAKTIS DAN MUDAH MEMBUAT TABEL

          Bagaimana cara membuat Tabel yang memiliki desain yang cantik, elegan dan unik? Pastinya anda sangat ingin tahu bukan? Praktis, anda misalnya ditugaskan atau sekadar memberi contoh bagaimana cara membuat tabel dengan tampilan yang sesuai dengan minat anda, atau bahkan minat orang lain. Nah, sebenarnya tanpa harus pergi ke les privat komputer yang menelan biaya cukup mahal dan membuat isi dompet anda terkuras. Lebih baik simak langkah-langkah berikut cara pembuatannya di bawah ini. Tentunya, membuat tabel di bawah ini. Saya membagikan informasi ini secara gratis dan anda pun dapat mengaplikasikannya, baik di rumah maupun di kantor atau di manapun anda berada. Siapapun anda dan apapun latar belakang anda, saya yakin, anda pasti bisa membuat tabel berikut ini:
          
          Lalu, bagaimanakah cara membuatnya? Sederhana saja sebetulnya. Tidak mungkin saya jelaskan hanya dengan tulisan tanpa ada gambar sebagai keterangan tambahan untuk menjelaskan ini. Baiklah, tanpa menunggu basa-basi lagi, lebih cepat dan lebih baik tentunya, mari kita simak cara pembuatannya. Perhatikan dengan seksama, langkah demi langkah berikut ini supaya hasil pekerjaan anda bisa maksimal atau sesuai dengan apa yang anda inginkan. Yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut: (Ingat: Sebelum anda mengerjakan latihan ini, akan lebih baik, awali pekerjaan anda dengan berdoa). 

1.) Langkah pertama, bukalah lembar kerja Microsoft Word 2007 dengan cara klik tombol Start (Icon Jendela Windows), lalu klik All Programs, pilih folder Microsoft Office, kemudian pilih Microsoft Word. Maka jendela/ lembar kerja program Microsoft Word akan terbuka. (Start>All Programs>Microsoft Office>Microsoft Word) 

 2.) Sebelum ke tahap berikutnya. Ada baiknya jika anda terlebih dahulu memperhatikan sekaligus mengamati gambar berikut. Apa yang anda lihat pada gambar di bawah ini? Sudah jelaskah? Jika sudah, lanjut ke tahap ke-3. Namun, jika belum, akan saya terangkan sedikit: Kolom adalah sebuah sel yang dimulai dari huruf B ke C ke D ke E. Sedangkan, baris adalah sel yang diawali dari angka 1 sampai 5. Intinya, baris yang mengarah ke bawah, sedangkan kolom yang mengarah ke samping kanan. Sifatnya, baris itu vertikal atau posisinya tegak lurus, sedangkan kolom itu horizontal atau mendatar posisinya. Agar lebih jelas. Lihat gambar berikut keterangannya:

3.) Sudah pahamkah? Jika sudah, maka lanjut ke tahap selanjutnya. Jika lembar kerja microsoft word sudah terbuka, klik Insert pada Menu Tab > pilih Table pada Ribbon > Pada group menu table, tarik garis Tabel. (Insert>Table) kemudian, blok sesuai dengan selera anda atau buatlah sesuai kebutuhan anda, namun akan lebih baik jika ingin maksimal dan lebih tahu,buat skala 5x8 Table, artinya dalam lembar kerja Microsoft Word anda, terdapat 5 kolom dan 8 baris. 

Sel adalah satuan kotak pada tabel. Kolom adalah sel yang mengarah dari kiri ke kanan. Sedangkan baris adalah sel yang mengarah dari atas ke bawah. Jadi, sekali lagi perlu diingat ya, perbedaan baris dengan kolom adalah: baris sifatnya vertikal (tegak atau lurus), sedangkan kolom bersifat horizontal (mendatar). Agar anda lebih jelas dalam memahaminya, maka tidak ada salahnya anda lihat gambar di bawah ini. Pada gambar, langkah awal jika anda ingin membuat tabel adalah klik menu tab Insert (serta lihat nomor 1 pada gambar berikut), pilih ribbon Table(lalu, lihat nomor 2), lalu pilih skala tabel yang anda inginkan, contohnya adalah skala 5x8 (dan lihat nomor 3). Jika anda berhasil, maka hasil tabel anda akan terlihat (terakhir lihat nomor 4).

4.) Setelah itu, anda perhatikan. Jika hasilnya sudah seperti ini (Lihat gambar di bawah ini), maka anda telah berhasil membuat tabel dengan skala tabel 5x8. Susunannya tabel anda mempunyai 40 sel, sebab 5x8 sel menghasilkan 40. Rangkaiannya pun tersusun 5 baris ke bawah dan 8 kolom ke samping kanan.

5.) Jika sudah terlihat dengan jelas, awal langkah anda membuat tabel (terdiri dari baris dan kolom tersebut), maka adapun langkah selanjutnya, bloklah atau (tariklah) 2x5 tabel dari bagian paling bawah dari hasil tabel buatan anda tadi (5x8 tabel). Untuk lebih jelasnya, lihat gambar di bawah ini. Pada gambar, nomor 1 adalah bagian yang harus anda blog. Agar terlihat baik dan profesional, tidak salahnya jika anda memblok dari bagian ujung kanan bawah ke ujung kiri atas.

6.) Maka akan tampil Tab Menu Layout jika anda berhasil membloknya (lihat pada gambar di bawah ini, pada no. 1). Lalu, klik Insert Bellow, maka otomatis, hasilnya sama seperti nomor 3 pada gambar di bawah ini, sel anda bertambah. Jika berhasil, maka lembar kerja microsoft word anda sekarang mempunyai tabel dengan skala atau ukuran 5x10. 5 kolom dan 10 baris jumlahnya.

7.) Jika jumlah sel anda sudah bertambah, maka langkah selanjutnya adalah ketik informasi atau keterangan yang anda inginkan pada tabel anda. Misalnya anda ingin menambahkan kata: tahun, nama mahasiswa, jenis kelamin yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, total, 2012, 2013, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, lihat pada gambar di bawah ini. Ingat, di bawah ini hanyalah contoh.

8.) Kalau ketikan anda sudah sesuai informasi yang anda masukkan di dalam tabel atau sesuai dengan contoh di atas, maka langkah selanjutnya, anda tinggal blok bagian yang berwarna kebiruan (lihat pada gambar di bawah ini, pada nomor 1) , lalu menu tab Layout akan muncul dengan sendirinya (gambar no.2). Adapun jika sudah muncul, berikutnya yang anda lakukan adalah klik Merge Cells (lihat no. 3).

9.) Maka, hasilnya akan seperti gambar berikut ini. Lihat pada tulisan TOTAL, ada perubahan yang tampak dari langkah sebelumnya (langkah ke-8). Perbedaanya garis hilang di bawah kata Total. Maka terlihat seperti ada jarak atau spasi, padahal tidak. Inilah fungsi Merge Cells.

10.) Selanjutnya, pilih Layout pada menu tab (seperti gambar yang tampak di bawah ini, pada nomor 1), lalu pilih Align Center (gambar nomor 2), maka hasilnya akan seperti gambar berikut, yakni nomor 3). Akan terlihat sekali perbedaannya dari langkah sebelumnya (langkah kesembilan). Sekarang, kata TOTAL berada di tengah sel.

11.) Lakukan cara ini seperti pada langkah kesepuluh, pada kata Tahun, Nama Mahasiswa dan Jenis Kelamin. Jika anda berhasil dalam melakukannya, otomatis hasilnya akan sama persis atau seperti pada gambar di bawah ini. Di bawah ini begitu tampak, mulai dari kata Tahun hingga kata Total tersusun rapi, tidak berantakan seperti pada tahapan atau langkah sebelumnya.

12.) Jika langkah kesebelas sudah anda kuasai. Langkah ini menuntut anda lebih cermat dan teliti. Panduan pada gambar sudah jelas bukan? Pada gambar di bawah ini, nomor 1 menunjukkan sel yang kosong (tidak ada tulisan). Maka bagaimana cara mengisinya? Caranya cukup mudah, anda tinggal letakkan kursor pada mouse anda ke bagian sel (pada gambar no. 1). Apabila sudah, maka tombol tab menu layout akan terlihat (gambar no. 2). Nah, selanjunya adalah klik icon fx atau yang disebut sebagai ribbon formula.

13.) Sesudah diklik fx (formula), maka akan muncul jendela formula. Pada bagian formula: di jendela tersebut, maka akan muncul =SUM(ABOVE). Gantilah rumus tersebut dengan =C3+D3, lalu tekan enter atau ok. Mengapa kita menggunakan =C3+D3 ? Jawabannya adalah karena angka 256 berada di kolom C dan terletak di baris ke-3. Oleh, karena itu C3 adalah angka 256. Sedangkan angka 760 berada di kolom D dan tepatnya ada di baris ke-3, sehingga angka 760 adalah D3. Kita kan mencari hasil atau total atau jumlah mahasiswa yang berjenis laki-laki dan perempuan di Syari’ah, maka gunakan tanda (+). Maka, rumusnya tentu saja (=C3+D3). Lalu anda pahami dahulu, sebelum ke langkah selanjutnya. Jika anda sudah paham di sini. Maka lakukan cara tadi untuk jumlah laki-laki dan perempuan di Tarbiyah, Dakwah, dan seterusnya.

14.) Jika anda berhasil, maka hasilnya tentu saja akan seperti ini.

15.) Bloklah dari kiri ke kanan seperti arah panah pada gambar di bawah ini.

16.) Adapun jika anda sudah membloknya pada langkah sebelumnya, maka pada langkah ini, pilih tab menu Home (lihat gambar nomor 1). Lalu klik menu grup pada Shading (lihat gambar no. 2) maka akan muncul grup menu theme colors. Pilihlah warna sesuai selera anda, di sini saya akan mencontohkan. Saya memilih warna hijau tua (gambar no. 3). Maka hasilnya (perhatikan pada gambar no. 4). Dari kata Tahun sampai TOTAL, semuanya berwarna hijau tua.

17.) Kemudian Blok (seperti pada gambar no.1). Klik ribbon Align Center pada tab menu Layout (perhatikan no. 2)

18.) Tab menu Layout, pilih Merge Cells. Meskipun sebenarnya tidak ada perubahan, tetapi lakukanlah cara atau langkah ini supaya anda mendapatkan hasil yang maksimal.

19.) Dan hasilnya akan seperti berikut ini. Pada tab menu Layout, pilih ribbon Text Direction. Klik sampai berkali-kali hingga benar-benar sesuai dengan selera anda.

20.) Jika anda sudah mengikuti langkah sebelumnya. Maka, perhatikan hasilnya di bawah ini. Pada tulisan 2012, posisi tulisannya dari horizontal menjadi vertikal, dari posisi tulisan mendatar jadi berdiri seperti gambar berikut ini.

21.) Klik pada border tabel anda. Nanti otomatis akan muncul menu tab Layout dan Design. Nah, pada langkah ini, anda sebaiknya klik menu tab Design (lihat pada gambar, no. 1), pilih Line Style (Line Style) kemudian pilih garis yang sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya saya pilih garis dengan ketebalan dan variasi (lihat no. 4 pada gambar berikut). Kemudian pilih Draw Table (lihat gambar no.3).

22.) Setelah itu, masih pada tab menu Design, pilihlah Pen Colors, nanti akan muncul grup menu Theme Color dan Standart Color (lihat gambar pada no. 1). Anda boleh memilih warna sesuai dengan selera anda. Di sini saya mencontohkan memilih warna hijau muda (gambar no.2). Nantinya warna pada Line Style akan berubah menjadi warna hijau muda dan anda tinggal memilih ketebalan dan variasinya (lihat gambar no. 3). Lukislah border tabel dengan teratur dan rapi seperti gambar berikut ini menggunakan ribbon Draw Table.

23.) Jika anda sudah mengikuti langkah demi langkah hingga langkah ini, maka anda tentu saja sudah bisa caranya menggunakan menu yang lain yang sudah dibahas pada langkah sebelum-sebelumnya. Berikut ini adalah hasil yang sebenarnya sudah bagus. Tetapi anda boleh mempercantiknya dengan ribbon Theme Color pada tab menu Home. Pilih warna sesuai dengan keinginan anda.

24.) Selamat, jika anda sudah mengikuti panduan ini dengan baik, benar dan tepat. Hasilnya tentu seperti gambar berikut ini. Anda bisa menambahkan tulisan di atas tabel. Misalnya adalah pada gambar di bawah ini: TABEL PERTUMBUHAN PENDUDUK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2012-2013. Anda tinggal mengatur posisi dari tabel yang sudah anda buat tadi agar tulisan dapat ditambahkan di atas tabel.

          Demikianlah panduan lengkap yang dapat saya berikan kepada anda. Semoga bermanfaaat. Bagaimana? Apa anda sudah bisa membuatnya persis seperti gambar di atas? Jangan lupa ya, tinggalkan komentar. Terima kasih sudah mengikuti panduan pada blog ini.

1 Response to "CARA PRAKTIS DAN MUDAH MEMBUAT TABEL "