SELAMAT DATANG DI :

SELAMAT DATANG DI :

GEMPA GUNCANG MENTAWAI 7,8 SR

            Duniapengetahuandansastra.com - Innalillahi Wa Innalillahi Roji'un. Tanah air kembali berduka dan sedang lara. Pasalnya, gempa bumi berkekuatan 7,8 Skala Richter mengguncang kawasan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada hari Rabu, 02 Maret 2016 pukul 19:49 WIB.

            Gempa bumi yang cukup kuat tersebut berlangsung setidaknya 40 detik atau kurang lebih satu menit. Hingga berita ini diliris, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dengan resmi menyatakan bahwa gempa bumi besar tersebut berpotensi terjadinya Tsunami.

            Menurut informasi dari Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, gempa bumi berlangsung pukul 19:49:41 WIB. Perkembangan gempa saat ini, tidak ada Tsunami, kerusakan maupun korban jiwa. Guncangannya tidak terlalu besar. Kondisi saat ini aman meskipun masyarakat sempat panik. Kemungkinan tidak ada Tsunami jika terhitung hingga lebih dari satu jam, empat puluh lima menit sesudah gempa, Tsunami tidak menerjang pesisir.

            Imbuhnya lagi, Gempa Kepulauan Mentawai, 2 Maret 2016 ini hampir mirip dengan gempa bumi di Simeleu, Aceh pada tangal 11 April 2012. Guncangan terjadi di Sumatera Barat sempat dirasakan, di Lampung, bahkan di Jakarta dan Bogor sempat dirasakan pula oleh beberapa penduduk yang berada di dalam gedung atau di bagian lantai paling atas gedung. Dilaporkan kondisi hingga saat ini aman setelah dihubungi dari tiap daerah koordinasi BNPB yang sebelumnya mengabarkan berpotensi terjadinya Tsunami.

            Setelah kurang lebih dua jam berlalu berdasarkan asumsi dari BMKG mengenai karakteristik gempa, kedalaman gempa dan episentrum gempa, maka dengan ini BMKG akhirnya mencabut warning Tsunami atau peringatan dini Tsunami, yakni sekitar pukul 21:40 WIB.

            Berdasarkan rincian pusat gempa berada pada (episentrum) di koordinat 5.16 Lintang Selatan, 94.05 Bujur Timur atau sekitar 682 kilometer barat daya Kepulauan Mentawai. BMKG sebelumnya sempat merilis informasi bahwa gempa berkekuatan 8,3 Skala Richter, namun beberapa saat kemudian, BMKG akhirnya meralat atau mengoreksi informasi tersebut sehingga gempa bumi secara resmi berkekuatan 7,8 Skala Richter. Sebenarnya jika ada bunyi atau alarm Tsunami dari BMKG, akan menginformasikan melalui satelit jadi tidaknya Tsunami. Namun, ada kendala dari alat yang mengalami kerusakan yang belum bisa digunakan secara maksimal.

            Data yang saat ini berhasil dihimpun, Sutopo Purwo Nugroho selaku  Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB yang mengatakan bahwa gempa berada di kedalaman 10 Kilometer. Namun, menurut kontributor TvOne yang dikabarkan melalui siaran langsung di stasiun televisi TvOne, BMKG Kota Padang imbau warga agar tetap selalu waspada. Setelah beberapa menit kemudian, aktivitas di Bukittinggi dan Bandar Lampung masih tetap seperti biasanya.

            Menurut penuturan salah seorang warga, gempa dirasakan selama kurang lebih satu menit. Warga berhamburan ke jalan raya untuk menyelamatkan diri. Tidak beberapa lama, titik atau jalur evakuasi sudah disiapkan di daerah dataran yang lebih tinggi. Masyarakat Padang berhamburan ke luar rumah ketika gempa bumi terjadi dan berlari ke tempat yang lebih tinggi. Namun, saksi mata tersebut belum melihat ada bangunan yang rusak.

            Berdasarkan Pengamat Tsunami dari Institut Teknologi Bandung, Hamzah Latif, “Tsunami dapat berlangsung hingga 20 menit pascagempa. Gempa Kepulauan Mentawai kali ini adalah bagian dari gempa tsunami. Untuk hal evakuasi sebaiknya dilakukan 10-15 menit. Namun, akan jauh lebih baik jika saat terjadi getaran (gempa bumi), masyarakat harus cepat dan tangap langsung berlari ke tempat terbuka dan ke tempat yang lebih tinggi, namun bukan malah panik.”

            Selanjutnya, menurut penuturan Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat, “Masyarakat tidak usah panik dan khawatir. Pasalnya gempa tersebut terjadi di laut lepas maka kemungkinan terjadi Tsunami kecil sangat besar. Sebenarnya apabila gempa bumi sudah berkekuatan minimal mencapai 7,3 Skala Richter, maka kemungkinan Tsunami tentu saja dapat terjadi. Akan tetapi, saya berharap agar bencana Tsunami tidak terjadi. Kalau pun ada, maka kemungkinannya tidak besar. Namun, masyarakat harus siaga dan tetap waspada jika terjadi gempa. Tempat evakuasi telah disiapkan.”

            “Komunikasi masih dapat tersambung, meskipun gempa sudah terjadi. Pemerintah Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah sudah terjun ke lapangan untuk evakuasi,” tambahnya.

            Selanjutnya Zuhri Sinaga sebagai Kepala Kantor SAR Padang menyatakan, “Tugas Tim SAR adalah terjun ke lapangan tidak lain untuk evakuasi. Tim SAR akan menuju Mentawai. Laporan kerusakan di Kepulauan Mentawai belum bisa diinformasikan. Jaringan komunikasi sempat terganggu atau terhambat pascagempa. Masyarakat harus berkumpul di titik-titik evakuasi yang telah diarahkan.”

            USGS mencatat gempa Kepulauan Mentawai berkekuatan 7,9 Skala Richter. Namun, berdasarkan pantauan atau laporan sementara, tidak ada korban jiwa, maupun kerusakan pascagempa.

            Eko Yulianto, Peneliti Tsunami Purba LIPI, “Jika terjadi Tsunami tidak akan terlalu besar. Salah satu upaya tindakan yang paling aman adalah menyelamatkan diri. Mekanisme gempa 2010 dengan 2016 berbeda karena yang 2010 pergerakan gempa secara vertikal, sedangkan pada tahun 2016, pergerakan gempa secara horizontal.

            Kepala BMKG, Andi Eka Sakya, Terjadi gempa bumi 7,8 SR. Menginformasikan Tsunami, diluar jalur subsiduksi. Kemungkinan Tsunami adalah lebih kecil. Getarannya seolah-olah suara mobil di luar rumah. Di Lampung, sampai saat ini belum dilaporkan kerusakan apapun. Prosedur harus benar, sehingga potensi Tsunami belum dapat dicabut. Jadi, sebelum mencabut peringatan dini Tsunami, kami harus melihat kemungkinan gelombang yang muncul tiba-tiba. Kalau tidak ada hal ini kami optimis tidak ada Tsunami yang terjadi. Sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat dan dari BPBD. Biasanya ancaman Tsunami dicabut hingga 1 jam. Masyarakat bisa melihat facebook, twitter atau aplikasi android jika ingin info lebih lanjut yang berhubungan dengan BMKG. Komunikasi sempat terhambat sehingga sambungan dengan kami agak sulit. Masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi gempa selain dari media sosial dapat mengubungi informasi BMKG ke nomor 021-424-6321 yang merupakan nomor pusat monitor Tsunami.

            Masyarakat diminta selalu waspada. Kami selalu dibantu untuk melihat tanda-tanda jika terjadinya hal-hal yang mengindikasikan terjadinya Tsunami.

            Terakhir menurut Khofifah Indar Parawansa, Menteri Sosial. Topografi wilayah Kepulauan Mentawai perlu perjuangan. Misalnya kapal sebagai sarana transportasi logistik. Kemensos menyiapkan bantuan sandang, pangan dan papan. Menurutnya, ia telah meminta direktur bencana alam untuk penanganan selanjutnya. Untuk masalah logistik, mobil dapur lapangan dari dinas kesehatan propinsi sudah disiapkan untuk segera memberikan pelayanan dan  bantuan.

            Biasanya setelah gempa besar ada gempa susulan, dan pada posisi ini sesama warga harus saling menenangkan. Jika suatu daerah sulit terjangkau, maka kami akan turun karena tim sudah cukup terlatih. Kebutuhan-kebutuhan akan dikoordinasikan. Kami mempunyai TAGANA yang merupakan relawan. TAGANA sendiri berbasis komunitas dan dilatih secara terlatih  32.900 TAGANA yang bekerja sama dengan TIM SAR dan BPBD.

            Kemungkinan-kemungkinan gempa susulan yang harus diwaspadai. Relawan-relawan, BNPB, BPBD dan TAGANA. Kewaspadaan terbangun sudah sangat baik. Kemungkinan alat-alat tertentu tidak terkomunikasikan atau perangkat pemantauan belum selengkap Merapi. (***)

Sumber : TvOne, KOMPASTv

 

Yogyakarta, 2 Maret 2016

 

 

A. Dirham

NIP 997 697 3431 154 900 25

 

            Berita ini dibuat berdasarkan observasi ataupun pengamatan dari referensi-referensi berita terpercaya seperti yang dicantumkan dalam sumber di atas. Tidak ada gading yang tak retak, ya begitulah sekiranya peribahasa yang sesuai dari blog sederhana ini. Blog ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak kekurangan baik dari segi isi, materi, maupun informasi, dari blog sederhana ini. Oleh karena itulah, sudilah kiranya pengunjung blog untuk tinggalkan jejak berupa Like (Suka) maupun komentar yang berupa Kritik dan Saran yang membangun guna meningkatkan kualitas berita di masa yang akan datang. Terima kasih atas kunjungannya. Adapun jika anda ingin menjadikan tulisan berita terpercaya ini sebagai bahan referensi anda, maka jangan lupa mencantumkan sumbernya.

 

(Catatan: NIP adalah NISN + NIM)

 

2 Responses to "GEMPA GUNCANG MENTAWAI 7,8 SR"

  1. Saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok MBAH PESUGIHAN DANA GHAIB


    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum permisi admin hanya sedekar berbagi pengalaman, Awal mula saya mengikuti pesugihan karena usaha saya bangkrut dan saya di lilit hutang hingga mencapai 2Milyar lebih, awalnya saya sempat takut dan bertanya-tanya. Setahu saya yang namanya pesugihan itu pasti akan meminta tumbal seperti nyawa dari salah satu anggota keluarga dan melakukan ritual-ritual tertentu dan hal-hal menakutkan lainnya. Dan sempat bingung ketika membaca di website USTAD UJANG BUSTOMI http://pesugihanjawa69.blogspot.co.id/ apakah iya pesugihan itu memang ada yang tidak memakan tumbal. tapi selama dua hari saya berpikir akhirnya saya bergabung dan menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI kata Pak ustad pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang ghoib 3 Milyar dengan tumbal hewan, semua petunjuk saya ikuti dan hanya dua hari. Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Ternyata pesugihan ustad.ujang bustomi berbeda dengan pesugihan yang saya kenal sebelumnya, dan tidak meminta tumbal keluarga, Jika ada teman-teman disini yang sedang kesulitan masalah ekonomi. Saya menyarankan untuk menghubungi USTAD UJANG BUSTOMI di 085215951837 pasti akan di bantu

      Delete