SELAMAT DATANG DI :

SELAMAT DATANG DI :

MAKALAH PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI


COMPANY PROFIL PTIPD UIN SUNAN KALIJAGA

Sumber Video from YouTube

Banyak yang tidak menyadari bahwa PTIPD atau yang lebih rinci ditulis secara formal (Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) ini berada di lembaga-lembaga formal di Indonesia, khususnya kampus. Padahal, pada kenyataanya di sekolah pun sudah dikenalkan hal ini. Kita mengetahui bahwa untuk mengembangkan teknologi sesuai dengan keadaanya, maksudnya sesuai dengan kebutuhan tidak mudah. Sejaln dengan itu, maka fungsi dari PTIPD sendiri tentu saja berkaitan erat dengan era globalisasi. Jika kita menilik, banyaknya tugas dan berbagai macam hal tentang statistik, data dan pengelolaan ini sebenarnya dapat dengan mudah diamati dan diteliti untuk kepentingan survei pemanfaatan sekaligus pengembangan dari teknologi itu sendiri. Agar hal itu berlangsung dengan baik, atau termanajemen dengan benar, tepat dan efisien maka kita harus melakukan riset terlebih dahulu dan mengumpulkan bahan, selanjutnya menyunting, jika tidak sesuai dengan apa yang direncanakan sebaiknya buka terobosan baru dengan cara mengevaluasi. Seandainya kita melaksanakan hal ini dengan mengkomunikasikan data tersebut dalam ruang lingkup pengelolaan sumber daya teknologi, maka ini tentu saja akan menambah ide dan gagasan anda selanjutnya.

Seolah kita berada di civitas yang berbeda, sebenarnya tidak. Kita hanya mencari sumber daya yang mapan dalam penggunaan tenaga manajemen yang handal di bidang teknologi. Peran penting dari PTIPD sendiri sangat diperlukan dan memang ini vitalnya. Tanpa adanya hal ini, tentu saja tidak akan berjalan sebagai mana mestinya. Langkah PTIPD untuk mengoreksi data sebenarnya sangat diperlukan. Untuk itulah, tahapan-tahapan pembangunan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi harus mempertimbangkan aspek ini secara keseluruhan. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin sistem akan mempersulit kinerja pendidikan di tanah air.

Memang bila kita menilik ke dunia luar, banyak sekali proses transformasi yang kini makin menglobal di tengah minimnya pengetahuan dan wawasan dari tenaga pendidik maupun dari segenap civitas akademik. Seperti yang dicontohkan tadi, beberapa organisasi mengharuskan kita untuk saling terkoneksi karena sesuai dengan kebutuhan pendidikan dan perkembangan teknologi. Ini sebenarnya menjadi tugas kita bersama untuk mampu menciptakan teknologi yang berdaya guna di lingkungan kampus serta menciptakan teknologi yang ramah bagi fisik maupun rohani manusia itu sendiri.

PTIPD sendiri sudah mengembangkan kuantitas serta kualitas mutu yang baik. Dengan kemajuan ini, diharapkan para pengguna maupun fasilitator kampus dapat menjalankan serangkaian proses pembelajaran secara gamblang dan mampu menambah wawasan mereka terkait tentang aksesbilitas maupun mobilitas data, informasi dan komunikasi.

Dengan dinamika yang semakin berkembang, kita harus tetap mempelajari tentang bagaimana sistem itu dapat berjalan dan mengkoordinasikan serta mengembangkan potensi yang ada menjadi bekal kelak di hari esok. Forum yang membahas tentang pembelajaran teknologi sebenarnya sudah banyak. Bahkan, berkali-kali membahas tentang itu dan memang pada kenyataannya tidak ada habisnya. Sebenarnya peran kita untuk mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi caranya mudah saja. Ada beberapa hal yang harus memfungsikan jalan pikir kita mengenai pemecahan masalah.

Cara kita berpikir yang kita butuhkan adalah cara berpikir yang ilmiah, rasional, empiris dan dapat dibuktikan kebenarannya. Memang, ini tidak mudah, tetapi jika semakin dibahas, tentu saja hal yang rumit akan semakin mudah. Mengatasi hal ini, ada baiknya kita menggunakan kerangka berpikir yang kompleks. Tidak hanya sekedar teori, tetapi bagaimana kita langsung ke prakteknya. 

Misalnya kita kesulitan dalam hal pemanfaatan teknologi ataupun dalam pengembangannya, maka langkah terpadu yang dapat kita aplikasikan adalah menalar setiap paradigma yang ada. Tidak hanya itu, kita sebaiknya memadukan integritas. Konsep yang kita pakai adalah bagaimana caranya agar pemanfaatan itu berjalan sesuai fungsinya dan bagaimana selanjutnya untuk mengembangkannya?

Nah, ada beberapa kriteria yang mungkin dapat dibenarkan yang menyangkut pautnya tentang pengembangan dan pemanfaatan teknologi, diantarannya adalah:
1.) Jangan Gaptek atau istilahnya tidak tahu apa-apa tentang dunia teknologi.
2.) Seringlah bertanya, namun pertanyaan yang berkualitas.
3.) Tidak menjadikan teori sebagai acuan saja. Meskipun teori tetap menjadi acuan dasar karena hal ini adalah keilmuan.
4.) Bisa membedakan teknologi mana yang sedang tren dan tidak.
5.) Perhatikan apa yang terjadi di sekitar kita. Ini menuntut kepekaan kita terhadap lingkungan.
6.) Jadikan sarana, pembelajaran dan alternatif pilihan yang baik untuk kemajuan zaman, artinya kita harus mengikuti perkembangan zaman tetapi jangan mudah terbawa arus yang negatif.
7.) Tingkatkan teori tadi. Pelajari lebih detail terkait teknologi.
8.) Jangan suka mempersoalkan yang tidak ada menjadi ada. Tetapi gunakan untuk menciptakan pikiran yang kreatif, produktif dan juga inovatif.
9.) Buktikan keragaman yang ada dengan cara menganut sistem.
10.) Jadikan anda sebagai kendali, dan alat sebagai langkah anda untuk mengadopsi nilai-nilai.
11.) Buktikan bahwa anda mampu.
12.) Gunakan hal-hal yang perlu dan mendasar.
13.) Perlunya anda memahami serangkaian pelatihan.
14.) Buatlah grup tentang teknologi.
15.) Catat apa yang dipelajari di dalam grup tersebut dan carilah ringkasannya.
16.) Intisari itu anda pelajari semaksimal mungkin.
17.) Anda harus aktif.
18.) Jangan mudah menyerah dan takut. Ini akan memacu anda menjadi lebih baik. Anda butuh motivasi untuk menumbuhkan semangat anda.
19.) Hiraukan orang lain yang tidak mendukung anda.
20.) Carilah bahan sebanyak-banyaknya.

Intinya, anda mau bikin apa, anda pun bisa melaksanakannya asalkan anda punya niat. Pemanfaatan teknologi memang sangat penting. Dengan menggunakannya secara arif, bijaksana dan mandiri anda sebenarnya sudah punya bekal dan potensi untuk memanfaatkan teknologi itu sekaligus mengembangkannya. Ada yang ingin ditanyakan? Silahkan berkomentar.

Jika anda merasa ringkasan makalah ini bermanfaat, jangan lupa untuk menyertakan sumbernya.


Yogyakarta, 24 Maret 2016


Adenar Dirham

0 Response to "MAKALAH PEMANFAATAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI"

Post a Comment