SELAMAT DATANG DI :

SELAMAT DATANG DI :

PRESTASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA

UIN Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga atau yang lebih dikenal dengan kampus putih merupakan suatu universitas berasas islam terkemuka di Indonesia. Di era revolusi saat inil, terciptalah prestasi gemilang mahasiswa UIN Yogyakarta. Mereka adalah:
1.) Moh. Habibi akrab disapa Habib (Semester 3 dari Prodi Ilmu Komunikasi,, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora),
2.) Ardi Putra yang lebih dekat dipanggil Adi (Semester 7, Prodi Tafsir Hadits dari Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam)
3.) Shima Dewi Mutiara Trisna yang biasa disebut Yayuk (Semester 7 berasal Prodi Muamalat ini Fakultas Syariah dan Hukum)



Mereka ini, alhamdulillah berhasil mewakili UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam acara Student Mobility Program (SM-Pro) 2015, yang diselenggarakan atau berlangsung di kota Perth, Australia. Ketiga mahasiswa luar biasa tersebut dinyatakan lulus oleh pihak SM-Pro 2015, setelah mengikuti beberapa tahap seleksi dari ribuan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Keagaaman Islam (PTKI) baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Wow, keren.

Nah, program yang diselengarakan oleh "DIKTIS" Kementerian Agama Republik Indonesia ini, diadakan guna memberikan peluang terbuka kepada mahasiswa S1 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang berminat untuk memperoleh pengalaman akademik, serta sejumlah program pengembangan kapasitas di luar negeri. Ini mencerminkan hal yang unik, menarik dan kredibel untuk kependidikan di Indonesia.

Adapun dalam kegiatan ini berlangsung kurang lebih selama 9 hari, cukup lama ya. Namun, sehari sebelumnya mereka mengikuti Pre Departure Orientation di Kota Denpasar, Pulau Bali, bersama wah, lebih dari 23 atau sekitar 24 mahasiswa peserta lainnya. Dalam SM-Pro 2015 yang juga merupakan bagian dari beasiswa Ministry of Religious Affairs (MORA) Scholarship, mereka mengenalkan keramahan dunia Islam dan keberagaman budaya Indonesia yang memang indah, eksotis dan berbeda dari yang lain.

Seperti yang kita ketahui, maksudnya dalam proses masuknya agama Islam ke Nusantara, sejarah  mengatakan bahwasanya misalnya dalam sejarahWalisongo, toleransi dalam beragama, keunikan dan sistem pendidikan Pesantren, serta beberapa tradisi serta budaya-budaya loka Indonesia yang kaya akan nilai-nilai keislaman.

Untuk semua civitas akademik, mereka juga rupanya  melakukan kunjungan atau wisata pendidikan ke beberapa kampus, antara lain ke Curtin University, dan The University of Western Australia (UWA). Dan lebih tepatnya Ketiga mahasiswa tersebut pun berkunjung ke Kings Park, salah satu taman kota terbesar di dunia. Wow, begitu indahnya ya dan pengalaman yang mungkin tidak dapat mereka lupakan begitu saja selama mengenyam pendidikan di UIN Yogyakarta. Di tempat itu dikenalkan Swan River, yakni sungai yang didiami populasi angsa hitam. Dan uniknya, sungai itu yang membelah kota Perth. Ada lagi WA Museum & Shipwreck Galleries, museum sejarah kemaritiman di Australia, tepatnya di kota pelabuhan Fremantle.

Selain itu mereka diperkenalkan Caversham Wildlife Park, kebun binatang yang mengoleksi hewan-hewan khas negeri 1001 kanguru itu atau sebut saja Negeri Kanguru karena banyaknya jenis mamalia yang hidup di sana dan sepertinya memang asal muasal kanguru adalah dari Australia.

Rasanya, berkunjung ke sana tidak akan lebih berkesan tanpa berkunjung ke Cottesloe Beach yang merupakan salah satu pantai berpasir putih terbaik di jagat raya. Selama di Kota Perth, mereka enak sekali ya bisa mengenal seluk beluk negeri paling selatan dari Indoensia itu. Mereka belajar tentang sejarah dan perekonomian Australia, kebudayaan  Suku Aborigin , yakni suku asli di tanah Australia, adapula education, scholarship, leadership training, entrepreneurship, serta isu-isu global, termasuk juga terkait atau yang ada sangkut pautnya tentang pandangan masyarakat Australia terhadap Islam.

Selain itu, mereka juga mempelajari tentang bagaimana untuk memahami dan menghargai  atau mengenalkan hal-hal yang berbeda dengan kita ini. Adanya hal itu, yakni seperti budaya, bahasa, dan agama.
Tahukah anda? Selama di sana, luar biasa agenda acara yang padat menuntut kedisiplinan mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Bukan hanya itu, melainkan perbedaan cuaca di Australia dengan Indonesia juga melatih mereka untuk selalu menjaga kesehatan selama mengikuti serangkaian acara disana.

Dikutip dari UIN SUKA, “Aku bersyukur sekali dapat mengikuti dan berpartisipasi dalam program yang satu ini, oke, terima kasih kuucapkan pada semua pihak dan civitas akademika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Uh, banyak sekali ilmu,  pengetahuan dan wawasan baru yang saya dapatkan selama kurang lebih 3 semester ini belajar di kampus tercintaku ini. Jendela cakrawalaku seolah-olah terbentang lebar. Magnet UIN Sunan Kalijaga menjadi pintu gerbang saya untuk melangkah ke dunia luar atau dunia asing untuk lebih menghayati, memperlebar sekaligu memperluas wawasan diriku, juga pengetahuan diriku. Aku melihat, begitupun merasakan langsung di dunia perkuliahan di beberapa misalnya kampus-kampus di negara Australia yang sungguh menjadi pengalaman yang menarik lagi berkesan, aku ini hanya bisa belajar dan membandingkan dengan dunia akademik yang saya jalani selama ini. Hal inilah, saya bisa mendapatkan sebuah pengalaman dan menjadi spirit baru untuk lebih semangat lagi dalam menjalani perkuliahan dan berbagi pengetahuan yang saya dapatkan dari Student Mobility Program tahun 2015 ini kepada teman-teman seperjuangan, khusunya rekan-rekan mahasiswa di lingkungan UIN Sunan Kalijaga dan lainnya”, ujar Mohammad Habibi, yang lebih ideal disapa Habib, melalui salah satu delegasi MORA Scholarship.



SELAMAT BERJUANG BAGI PARA GENERASI ATAU CALON MAHASISWA/MAHASISWI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MERAIH MASA DEPAN YANG LEBIH GEMILANG DAN MENJADI KEBANGGAN TERSENDIRI MENJADI BAGIAN DARI KAMPUS BERBASIS ISLAM INI DENGAN SUASANA KOTA YOGYAKARTA YANG BERSAHAJA BAGI SIAPA SAJA SEKALIPUN ANDA SEORANG PERANTAU. ANDA HARUS BISA BERADAPTASI DENGAN KOTA YANG SATU INI, MAKA ANDA AKAN SELAMAT. "DI MANA BUMI BERPIJAK, DI SITU ADAT DIJUNJUNG."

 YAKIN KALIAN PASTI BISA SEPERTI MEREKA. KALAU MEREKA BISA, ANDA PUN PASTI DEMIKIAN! SALAM PERGERAKAN! SALAM DEMOKRASI!

(TW-Humas oleh Doni) (Editor oleh Adenar Dirham)
  Sumber Artikel dan bisa mengunjungi : uin-suka(dot)ac(dot)id, pilih menu liputan.
 Perhatian: Gambar hanya ilustrasi.

3 Responses to "PRESTASI MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA"

  1. Semoga juga bisa mengharumkan nama bangsa di masa depan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hafidz : Aamiin... Memang prestasi itulah yang wajib kita contoh. Salut dengan mereka. Jika mereka bisa, kita pun pasti bisa!

      Delete
  2. di UIN suka ini untuk S2 nya ada program beasiswa ke luar negeri gak?

    ReplyDelete