SELAMAT DATANG DI :

SELAMAT DATANG DI :

NOUN (KATA BENDA) BAHASA INGGRIS


            Sebelumnya saya ingin bertanya: Sudahkah kalian mengetahui apa itu NOUN? Jika, belum, maka saya akan mengulas sedikit apa itu NOUN. Sekarang hal yang perlu anda perhatikan adalah: NOUN yang artinya tidak lain adalah KATA BENDA. Hari ini, saya akan memaparkan masalah-masalah yang berkaitan dengan kata benda. Ok, tanpa basa-basi lagi, ayo langsung saja ke pembahasan! "NOUN/KATA BENDA BELAJAR BAHASA INGGRIS”

            LESSON 1 (Pelajaran pertama)

            PROBLEM O1: Countable and non-countable nouns artinya permasalahan pertama, berdasarkan jumlahnya, kata benda dibedakan menjadi dua, yakni kata benda yang dapat dihitung dan kata benda yang sebaliknya, yakni kata benda yang tidak dapat dihitung.
    Yang perlu diingat untuk kita semua adalah : Noun (Countable) = Kata benda yang dapat dihitung jumlahnya.                                               
                       Noun (Non-Countable) = Kata benda yang tidak dapat dihitung jumlahnya.

            Contoh kalimat yang menggunakan noun-countable (kata benda yang dapat dihitung):


few / many
Noun (Countable)

There are
few/many
reference books
may be checked


televison programs
Out for children on Saturday
             Remember: that the following nouns are examples of countable nouns:
            books, classes, dollars, friends, programs, seats. Note: Avoid using a noun-count noun instead of a count noun after few and many.

NOUN BAHASA INGGRIS

            Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa:
            1. Ciri-ciri Noun (Kata benda) yang dapat dihitung apabila diakhir kata benda tersebut harus ditambahkan huruf (s). Misalnya kata benda (Noun) adalah pencil menjadi pencil(s) atau book menjadi books.

            2. Ciri-ciri Noun (Kata benda) yang dapat dihitung tersebut, ya merupakan sebuah plural (bentuk jamak). Nah, dalam bahasa Inggris, bentuk jamak dari sebuah kata benda adalah pada contoh di atas poin pertama. Misalnya: Book menjadi books.

            Berbeda memang dalam bahasa Indonesia, jika dalam bahasa Indonesia, bentuk jamak dari sebuah kata benda tinggal ditambahkan saja kata depan (preposition) atau dijadikan sebuah kata benda tersebut menjadi bentuk kata ulang. Misalnya bentuk jamak kata benda dari Buku adalah Buku-buku dan atau Banyak buku. Kedua contoh tersebut merupakan bentuk jamak bukan bentuk tunggal. Karena sudah jelas, buku-buku bermakna banyak buku, namun jika buku saja merupakan satu buku yang merupakan kata benda bentuk tunggal.

            Bagaimana? Sudahkah anda paham dengan pembahasan di atas? Jika belum, mari kita lihat perbedaan antara kata benda yang dapat dihitung dan kata benda yang tidak dapat dihitung. Perhatikan contoh berikut ini untuk memudahkan anda membedakan antara noun (countable) dan noun (non-countable):


little/much
Noun(Non-Countable))=
Before he came to the United Stated, he had done.
little
Traveling
We don’t have
much
Information
            Remember: that the following nouns are examples of non-countable nouns. Example:
            Advice, Hair, Homework, Information, Money, News.
            Avoid using a countable nouns instead of a non-countable noun after little and much.

            Jadi, dapat ditarik kesimpulan berikut ini:
            1. Ciri-ciri Non-Countable Nouns (Kata benda) yang tidak dapat dihitung adalah tidak adanya penambahan huruf (s) diakhir kata benda. Misalnya kata benda (Noun) adalah News, ya tetap menjadi News. Karena  tidak mungkin dan tidak boleh dalam kaidah kebahasaan bahasa Inggris, atau ejaan yang disempurnakan dalam kamus bahasa Inggris bahwa kata News boleh ditambahkan huruf s, sehingga Newss. Jadi news tetap News. Information tetap Information. Police tetap police. Sekali lagi, Tidak boleh ditambahkan huruf s.

            2. Ciri-ciri Non-Countable Noun (Kata benda) yang tidak dapat dihitung tersebut, ya merupakan sebuah singular (bentuk tunggal). Nah, mengapa dapat dikatakan demikian? Dalam bahasa Inggris, bentuk tunggal dari sebuah kata benda adalah pada contoh di atas poin pertama. Misalnya: News menjadi News. Hair menjadi Hair. Tidak ada perubahan kata jika kata benda tersebut merupakan bentuk tunggal.

            Hal ini mungkin sama dan berlaku memang dalam kaidah bahasa Indonesia, jika dalam bahasa Indonesia, bentuk tunggal dari sebuah kata benda tidak ditambahkan kata depan (preposition), apalagi bentuk kata ulang atau pengulangan. Misalnya bentuk tunggal dari sebuah kata benda Buku adalah buku. Karena Buku sudah tunggal dan menunjukkan satu buku. Misalnya dalam kalimat: 1. Buku itu saya pegang. 2. Buku-buku itu saya pegang. Kalimat no.1 dan no.2 jelas mengalami perbedaan pada bagian kata benda Buku. Kalimat no.1 sudah jelas artinya adalah satu buku, sedangkan kalimat no.2 sangat jelas artinya bukan satu buku, tetapi banyak buku.

            Bagaimana? Sudahkah anda paham dengan pembahasan di atas? Jika belum, tidak ada salahnya jika anda membaca kembali rangkuman dalam artikel ini secara cermat dan teliti. Atau untuk memudahkan anda memahami problematika dalam bahasa Inggris mengenai kata benda, anda boleh menanyakan kepada saya langsung melalui kontak person pribadi di 083-8959-74402 (SMS) atau bisa melalui pin BBM saya: 5A406A53. Jika ingin berinteraksi dengan media jejaring sosial, bisa melalui akun facebook saya: Dirham Adenar (Pujangga SMANSAKA) atau Dirham Adenar (Pujangga UIN SUNAN KALIJAGA)

            Untuk mempermudah dan mengingat kembali tentang apa yang sudah saya terangkan di atas, berikut ini adalah cuplikan yang dapat dijadikan panduan bagi anda untuk mempelajarinya lebih lanjut.


Jenis Kata Benda
Perbedaan
Countable Noun (Kata Benda yang dapat dihitung jumlahnya)
Ada huruf (s) yang digabung dalam satu kata benda yang dimaksud yang menunjukkan kata jamak.
Bersifat Plural (Bentuk Jamak)
Contoh: Book => Books
               Bag  => Bags
              Cake => Cakes
              House => Houses
Non Countable Noun (Kata Benda yang tidak dapat dihitung jumlahnya)
Tidak ada huruf (s) yang digabung dalam satu kata benda tersebut yang menunjukkan kata jamak.
Bersifat Singular (Bentuk Tunggal)
Contoh: News  => News
              Hair   => Hair
              Police => Police
              People => People

            Demikian yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kali ini dengan pembahasan Problem With Noun (Permasalahan Pada Kata Benda). Jika ada hal yang kurang atau salah kata, saya mohon maaf, dan bisa dijadikan pembelajaran sebagai bahan koreksi untuk peningkatan pembahasan di masa yang akan datang.

            Terima kasih sudah berkenan berkunjung dan mohon meninggalkan jejak berupa komentar dan saran ya. Jangan lupa untuk menyimak artikel-artikel lain yang barangkali bisa dijadikan panduan bagi anda. Ok, sekian tips dan trik yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Yogyakarta, 28 Februari 2016



Dirham
            NIP 997 697 3431 154 900 25

“Artikel Pembelajaran ini dibuat berdasarkan referensi dari buku Bahasa Inggris berjudul CREATIVE STUDENT ENGLISH BOOK II karya Dr. Na’imah, M.Hum (Dosen mata kuliah bahasa Inggris) yang dipublikasikan atau diterbitkan oleh Penerbit Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tahun 2015 silam. No.ISBN: 978-602-9073-50-8. Kiasan untuk artikel sederhana ini adalah “Tak Ada Gading Yang Tak Retak” yang artinya artikel ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Karena pada hakikatnya, kesempurnaan hanyalah milik Allah Subhannahu Wa Ta’ala. Maka,  untuk itulah sertakanlah (Like atau Share) atau Kritik, Saran dan komentar yang membangun sangat dibutuhkan guna meningkatkan kualitas karya di masa yang akan datang. Terima kasih atas kunjungannya di blog sederhana ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berkunjung kembali ya."



0 Response to "NOUN (KATA BENDA) BAHASA INGGRIS"

Post a Comment